: :

Navbar Bawah

Senin, 13 Januari 2014

Nasihat Albert Einstein Untuk Meraih Sukses - Part 2




6. Hidup pada saat ini

“Saya tak pernah memikirkan masa depan–itu akan datang sesaat lagi.”

Satu-satunya jalan agar hidup kamu baik dimasa depan adalah hidup dengan baik pada saat sekarang. Ah, lagi-lagi nasehat bijak untuk menyikapi waktu dengan tepat oleh pakar fisika quantum Einstein.

Sangat tidak mungkin mengubah kemarin karena sudah terjadi. Yang bisa kamu lakukan sekarang adalah mengubah cara pandang kamu saat ini tentang kemarin agar menjadi lebih baik.

Kamu juga tidak bisa mengubah besok menjadi lebih baik, kecuali jika kamu melakukan yang terbaik pada saat ini. Masalahnya hanya tentang waktu, dan waktu tidak pernah ke mana-mana kok.

7. Hargai Diri Kamu

“Berusahalah dengan keras bukan untuk menjadi sukses, tapi untuk menjadi lebih berharga.”

Tidak perlu banting tulang untuk menjadi lebih sukes. Luangkan waktu kamu untuk menaikkan nilai diri kamu.

Jika kamu memang bernilai, sukses akan datang menghampiri kamu. Apakah Einstein bekerja lebih keras untuk sukses? Mungkin dia hanya terus menerus berinvestasi untuk meningkatkan nilai dirinya. Sukses datang sendiri kepadanya.

Kenali bakat dan berkah karunia-Nya kepada kamu. Belajarlah mengasah mereka menjadi lebih tajam, gunakan untuk memberi manfaat sebanyak-banyaknyak kepada orang lain.

Bekerjalah untuk menjadi bernilai, sukses akan mengejar kamu. Apakah berlian harganya sama dengan kerikil? kamu punya jawabannya. Keduanya mengalami tekanan berbeda sehingga membedakan nilainya.

8. Jangan mengharapkan Hasil Berbeda

“Kegilaan: adalah melakukan sesuatu dengan cara sama berulang-ulang dan mengharapkan hasil berbeda.”

Nasehat bijak Enstein di atas adalah favorit saya. Kamu jangan mengharapkan hasil menjadi lebih baik jika kamu masih bertahan dengan cara yang kamu pakai sekarang.

Dengan ungkapan lain, kamu mimpi mengharapkan otot bisep kamu menjadi lebih ‘seksi’ jika masih mengangkat barbel ringan terus menerus.

Jika ingin hidup kamu berubah, kamu harus berubah. Mengubah cara pikir, cara pandang dan cara melakukan sesuatu.

Ketika kamu mengubah pikiran kamu, mengubah sudut pandang kamu, mengubah tindakan kamu, hidup kamu akan berubah dengan sendirinya.

Bayangkan hal berikut: Ada seorang gadis manis tepat di depanmu. Bandingkan kedua aksi berikut. Pertama, kamu senyum tulus, reaksi si gadis adalah membalas senyummu. Kedua, kamu melotot padanya, bisa ditebak apa reaksi si gadis?

9. Pengetahuan terasah melalui Pengalaman

“Informasi bukanlah pengetahuan. Satu-satunya sumber pengetahuan adalah pengalaman.”

Pengetahuan itu berasal dari pengalaman. Kamu bisa mendiskusikan sebuah proyek, tapi diskusi itu hanya akan memberi kamu informasi.

Kamu harus melakukan proyek tersebut untuk ‘tahu’ apakah proyek tersebut berjalan dengan benar atau tidak.

Kamu harus melakukannya untuk mengatasi munculnya masalah-masalah ditengah proyek berjalan. Itu membuat kamu memiliki pengalaman baru dan bermanfaat.

Apa pesan Einstein? Carilah pengalaman! Jangan habiskan waktumu nonton sinetron cinta sementara dirimu setengah mati menginginkan pacar, misalnya. Keluar dari duniamu sekarang dan pengalaman tidak ternilai menunggumu di luar sana.

10. Pahami Aturan Main, Lalu Bermainlah Lebih Baik

“Anda harus memahami aturan permainan. Kemudian Anda harus bermain lebih baik daripada pemain lain.”

Bagi Einstein, dia cukup memahami aturan-aturan dasar Fisika lalu berpikir dan bekerja lebih baik dibanding fisikawan lainnya. Sederhananya, kamu cukup melakukan dua hal saja.

Pertama, yang harus kamu lakukan adalah memahami ‘peraturan’ bagaimana cara kamu melakukannya.

Kedua, lakukan pekerjaan tersebut lebih baik dibanding orang lain. Jika kamu mampu melakukan dua hal ini dengan baik, sukses pasti masuk ke kantong kamu.

Untuk part 1-nya bisa dilihat disini


0   komentar

Cancel Reply