: :

Navbar Bawah

Kamis, 06 Maret 2014

Macam - Macam Jenis Kecerdasan



Assalamualaikum wr. wb.
Tahukah teman-teman semua ada berapa macam jenis kecerdasan? teman-teman semua tidak tahu? oke, oleh karena itu saya akan membahas tentang macam-macam jenis kecerdasan, selamat membaca

Kecerdasan terbagi menjadi 8 macam, yaitu :

1. Kecerdasan Musik
2. Kecerdasan Kinestetik
3. Kecerdasan Matematis-Logis
4. Kecerdasan Linguistik
5. Kecerdasan Spasial
6. Kecerdasan Interpersional
7. Kecerdasan Intrapersonal
8. Kecerdasan Naturalis


1. Kecerdasan Musik

   Kecerdasan ini meliputi kepekaan pada irama, pola titi nada atau melodi, dan warna nada atau warna suara suatu lagu.

2. Kecerdasan kinestetik

   Kecerdasan ini meliputi kemampuan-kemampuan fisik seperti kekuatan, koordinasi keseimbangan, keterampilan kelenturan, dan kecepatan maupun kemampuan menerima rangsangan dan hal yang berkaitan dengan sentuhan.

3. Kecerdasan Matematis-Logis

   Kecerdasan ini dapat menggunakan angka dengan baik dan melakukan penalaran yang baik. kecerdasan ini meliputi kepekaan pada pola dan hubungan logis, fungsi logis, dan abstraksi-abstraksi lain. Proses yang digunakan dalam kecerdasan matemais-logis ini antra lain : kategorisasi, klasifikasi, pengambilan kesimpulan, generalisasi, penghitungan, dan pengujian hipotesis

4. Kecerdasan Linguistik

   Kecerdasan ini berhubungan dengan penggunaan kata secara efektif, baik secara lisan maupun tulisan. Kecerdasan ini meliputi kemampuan memanipulasi tata bahasa atau struktur bahasa, fonologi atau bunyi bahasa, semantik, atau makna bahasa,dan dimensi pragmatik atau penggunaan praktis bahasa.

5. Kecerdasan Spasial

   Kecerdasan ini meliputi kemampuan membayangkan, mempresentasikan ide secara visual atau spasial, dan menorientasikan diri secara tepat dalam matriks spasial termasuk kepekaan pada garis, bentuk ruang, warna, dan hubungan antar unsur tersebut.

6. Kecerdasan Interpersonal

  Kecerdasan ini meliputi kepekaan pada ekspresi wajahm suaram gerak isyarat, kemampuan membedakan berbagai macam tanda interpersonal, dan kemampuan menanggapi secara efektif tanda tersebut dengan tindakan pragmatik tertentu.

7. Kecerdasan Intrapersonal

   Kecerdasan ini meliputi kemampuan memahami diri (kekuatan dan kelemahan), temperamen, kesadaran suasana hati, motivasi, maksud, keinginan, kemampuan berdisiplin diri, serta memahami dan menghargai diri.

8. Kecerdasan Naturalis

   Kecerdasan ini meliputi kepekaan pada fenomena alam lainnya dan bagu mereka yang dibesarkan di lingkungan perkotaan, kemampuan membedakan benda tak hidup, seperti televisi, gedung petokoan, perumahan, motor, dan lain-lain.

0   komentar

Cancel Reply